Jumat, 08 November 2013

Makanan anjing adalah bagian penting yang perlu diperhatikan dalam merawat anjing peliharaan. Perawatan dan pemeliharaan seperti latihan dan pemberian nutrisi sangat berperan dalam membentuk anatomi anjing yang baik. Kualitas makanan mempengaruhi kualitas anjing. Sama seperti makanan manusia, makanan anjing juga sangat bervariasi dalam kandungan nutrisi, nilai gizi dan rasanya. Anda harus dapat memilih makanan yang tepat untuk anjing peliharaan Anda.




Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih makanan untuk anjing peliharaan:
                                                
1.
Bicarakan terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk mengetahui makanan apa yang tepat untuk anjing Anda karena anjing dengan kondisi tertentu membutuhkan makanan khusus. Contoh: anjing menyusui membutuhkan protein yang lebih dibandingkan anjing biasa.
2.
Kanali kebiasaan makan anjing, apakah anjing Anda memiliki pilihan jenis makanan tertentu yang disenangi.

Setelah mengetahui kondisi serta kebiasaan makan anjing peliharaan Anda, perhatikan juga beberapa hal berikut dalam menentukan makanan anjing yang cocok:
                                                                                 
1.
Perhatikan kandungan nutrisinya. Cek label dan lihat bahan-bahan, kandungan nutrisi serta informasi lainnya yang terdapat pada kemasan. Komponen yang tertulis pertama atau paling atas pada umumnya adalah komponen utama atau komponen terbesar. Pilihlah jenis makanan anjing yang tujuh komponen pertamanya memuat lebih dari dua jenis daging. Perhatikan kadar komponen dagingnya apakah cukup besar atau tidak.
2.
Cek tanggal kadaluarsa. Usahakan mendapat makanan dengan tanggal ekspirasi sekitar 3 bulan atau lebih.
3.
Jangan mudah tergoda dengan kata-kata serta janji yang ada pada kemasan atau iklan karena semua bahas iklan yang bertujuan untuk untuk menarik perhatian pembeli.
4.
Pilih produk makanan yang telah lama ada di Indonesia, karena produk sudah disesuaikan untuk anjing di Indonesia. Selain itu mereka sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam hal makanan anjing.
5.
Pilih makanan anjing yang sehat serta cocok untuk anjing peliharaan Anda.
6.
Sebisa mungkin hindarilah makanan anjing yang mengandung pengawet buatan. Seperti, ethoxyquin, BHA atau BHT.
7.
Hindari juga makanan anjing yang bentuknya agak basah, biasanya berbentuk steak atau bacon karena biasanya tidak sehat dan tidak mengandung nutrisi.
8.
Jika memiliki budget berlebih, pilih makanan anjing organic yang bebas dari pengawet, pewarna buatan dan zat-zat berbahaya yang pada umumnya banyak ditemukan pada makanan anjing.
9.
Pastikan makanan anjing yang dikonsumsi tidak mengakibatkan alergi. Karena bulu dan kulit anjing sangat peka dan rentan terhadap alergi karena makanan anjing.

Makanan yang harus dihindari anjing

1. KACANG
Kacang merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi, oleh karna itu, jika anjing kita mengkonsumsi kacang dalam jumlah yang cukup banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan, muntah serta diare.

2. TULANG
Tulang memang sangat identik dengan anjing, namun tulang ternyata tidak bagus untuk anjing kita karna pecahan nya yang tajam dapat menyangkut di kerongkongan anjing dan melukai nya. Jika ingin memberikan tulang, sebaiknya gunakan tulang muda sapi, jangan tulang ayam.

3. BAWANG
Bawang, baik itu bawang merah, bawang putih maupun bawang bombay sangat berbahaya bagi kesehatan anjing kita. mengkonsumsi bawang dalam jumlah yang cukup berlebihan dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah dan anemia. Dan apabila tidak segera ditangani oleh tim medis, anda bisa kehilangan nyawa anjing kesayangan anda.

4. Buah / Daging yang sudah busuk
Buah maupun daging yang sudah busuk biasanya sudah dihinggapi berbagai jenis bakteri, sehingga apabila sampai termakan oleh anjing kita dapat menyebabkan muntah-muntah serta diare. Secara logika kita memang tidak mungkin memberikan makanan busuk kepada anjing kita, namun ketahuilah bahwa mereka dapat mendapatkan semua ini dari tempat sampah yang ada di rumah anda. Jadi jika anda memelihara anjing di rumah, anda harus menjaga kebersihan rumah anda secara ekstra.

5. COKELAT
Salah satu makanan favorite manusia ini ternyata merupakan salah satu makanan yang cukup berbahaya bagi anjing. Zat alkaloid methylxanthine yang ada di dalam Cokelat dapat menyebabkan anjing anda keracunan, lumpuh dan berujung pada kematian.

6. ALPUKAT
Di beberapa forum pencinta anjing sering dibahas mengenai bahaya nya buah Alpukat bagi anjing. Namun sampai saat ini, belum ada kepastian apakah yang berbahaya itu buah nya, atau hanya daun dan bagian lain dari tumbuhan alpukat tersebut. Yang pasti salah satu merk DogFood terkenal “Avoderm”, menggunakan minyak buah alpukat dalam produk nya dan sampai saat ini belum pernah ada keluhan apa-apa dari para pengguna “Avoderm”.

                      



Nah sekarang udah tau kan, makanan apa saja yang baik untuk hewan dan yang harus dihindari? jangan sampai salah kasih makan yaa :D

0 komentar:

Posting Komentar